Cara Alami Mengobati Luka Bakar dan Bekasnya

shares |

  • Luka Bakar

Luka bakar yaitu sejenis cedera pada kulit yang disebabkan oleh panas, listrik, bahan kimia, radiasi dan banyak lagi. Luka bakar yang mempengaruhi kulit bagian luar atau luka bakar derajat I. Jikalau cedera menembus pada lapisan kulit dalamnya, ini dinamakan luka bakar lapisan kulit derajat II. dan Luka bakar terkena pada semua lapisan kulit derajat III, seperti cedera yang meluas ke seluruhnya bagian lapisan kulit. Sedangkan luka bakar yang paling parah yaitu lapisan kulit derajat IV seperti Lukanya sampai ke jaringan yg lebih dalam, misalnya sampai pada otot dan tulang.

Untuk perawatan luka bakar  tergantung kepada tingkat keparahan luka bakar tersebut. Misalnya Luka bakar superfisial atau luka bakar biasa kita cukup mengobatinya dengan anti nyeri bias, tetapi kalau luka bakar yang parah kita harus memerlukan perawatan yang exstra secara medis ke dokter Kulit lebih tepatnya. Sumber Wikipedia

Cara Alami Mengobati Luka Bakar dan Bekasnya


Dan berikut saya coba paparkan beberapa tips untuk mengobati luka bakar dan menghilangkan bekas lukaatau jerawat secara alami/tradisional.

  • Susu/Yoghurt

Susu adalah penyempurna makanan sehat, dan susu ini banyak sekali jenisnya ada susu kaleng,susu kedelai, susu kuda liar dan banyak lagi, ternyata teman-teman susu ini selain penyempurna makanan sehat ternyata susu bisa mengobati luka bakar, dan susu yang kita gunakan untuk mengobati luka bakar ini adalah susu yang bebas dari lemak seperti susu skim, dengan cara bersihkan dulu luka bakar tersebut sama alkohol lalu siram susu tersebut ke tangan atau kaki yang terbakar, diamkan beberapa saat, supaya nutrisinya menyerap kedalam.

Susu Yoghurt Untuk Mengobati Luka Bakar

  • Mentimun dan Kentang

Kentang atau mentimun di kenal sebagai bahan sayuran, ternyata kentang dan mentimun ini banyak sekali manfaatnya teman-teman, salah satunya untuk kulit dan kecantikan, selain untuk perawatan kecantikan ternyata kentang dan mentimun ini bisa di gunakan untuk mengobati luka bakar, karena mentimun atau kentang ini mampu menyerap rasa panas pada kulit yang terkena luka bakar, dengan cara siapkan 2 buah mentimun dan 2 buah kentang yang masih segar, cuci bersih lalu haluskan sampai hancur kemudian oleskan pada tangan atau kaki yang terkena luka bakarnya, diamkan sampai meresap dan mengering.

Mentimun dan Kentang Untuk Mengobati Luka Bakar

  • Madu

Madu banyak sekali manfaatnya selain untuk perawatan kecantikan ternyata madu dapat mengobati luka bakar teman-teman karena madu mengandung antiseptik, dengan Cara sebagai berikut siapkan madu asli, bukan madu dari toko teman-teman ya, karena madu dari toko sudah di campur sama bahan pengawet kurang baik jika di gunakan untuk obat, lalu teman-teman cukup mengoleskan madu tersebut ke tangan atau kaki yang terkena luka bakarnya lalu diamkan sampai nutrisi dari madunya meresap ke dalam.

Madu Dapat Mengobati Luka Bakar

  • Lidah buaya

Latin aloe vera atau yang kita kenal sebagai orang indonesia ialah Lidah Buaya dan banyak sekali manfaatnya, salah satunya lidah buaya dapat mengobati luka bakar dengan cepat karena gel lidah buaya mampu menyerap rasa panas dan membantu mempercepat pemulihan jaringan pada kulit. Dengan cara ambil lidah buaya dari tangkainya supaya masih segar dan banyak kandungan gel nya, lalu teman-teman patahkan lidah buaya tersebut dan teteskan ke tangan atau kaki yang terkena luka bakarnya,di anjurkan lakukan dengan rutin sampai luka bakarnya mengering

Lidah buaya Mampu Mengobati Luka Bakar

  • Lavender

Tumbuhan lavender di kenal sebagai dapat mengusir nyamuk selain itu ternyata kita bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit, cara penggunaanya adalah siapkan lavender dalam bentuk minyak, teman-teman taukan minyak lavender?.. banyak ko di warung, dan siapkan lidah buaya lalu campurkan aduk hingga rata, kemudian olesi ramuan tersebut ke kaki atau tangan yang ada luka bakarnya.

Lavender Bisa Mengobati Luka Bakar

  • Kulit pisang

Kulit pisang sangat berbahaya jika kita buang dimana saja bisa bikin orng lain terpelest gara kulit pisang, tapi ternyata teman-teman di balik itu kulit pisang sangat ampuh sekali untuk mengobati luka bakar pada kulit, dengan cara kita cuku menggosokan kulit pisang ke luka bakarnya sampai kulit pisang tersebut berubah warna supaya nutrisi kandungan kulit pisangnya menyerap ke dalam.

Kulit pisang Bisa Mengobati Luka Bakar

  • Cuka

Cuka sering di gunakan untuk penyedap makanan seperti tukang bakso suka menyediakan cuka, selain itu cuka juga teman-teman sangat ampuh jika di gunakan untuk mengobati luka bakar pada kulit, tuangkan cuka ke kapas lalu bersihkan dulu luka bakarnya dengan air bersih kemudian kompreskan cuka tersebut dengan kapas pada tangan dan kaki yang terkena luka bakarnya, dan lakukan terus menerus jika kapas yang kita kompreskan mengering.

Cuka Bisa Mengobati Luka Bakar

Cara menghilangkan bekas luka bakar dan cara penggunaanya


  • Noni Juice

Kandungan Noni Juice adalah senyawa scopoletin dan sangat baik untuk anti radang. Banyak orang sudah mencobanya kemanjuran dari manfaat Noni Juice ini di gunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar pada kulit. Caranya sebagai berikut, siapkan handuk kecil dan noni juice, lalu basahi handuk tersebut dengan Noni Juice kemudian kompreskan ke tangan atau kaki yang ada bekas luka bakarnya, diamkan sampai mengering, setelah itu bersihkan dengan air bersih dan hangat, di anjurkan untuk hasil yang maksimal lakukan secara teratur dan rutin minimal sehari 3 kali sampai menghilang bekas lukanya.

  • Daun Mint

Mentha Piperita atau daun mint ini ialah tanaman yang sering digunakan sebagai bahan-bahan untuk kesehatan pada organ tubuh manusia seperti listerin atau obat untuk kumur-kumur, minyak angin dan odol,selain itu daun mint sering di gunakan untuk perawatan kulit yang berjerawat, terkena luka bakar serta menghilangkan bekasnya. Denagn cara, sediakan daun mint secukupnya, cuci dengan bersih lalu haluskan sampai hancur kemudian olesi ke tangan dan kaki yang banyak bekas lukanya.

  • Daun Pare

Pare, atau bisa di sebut juga paria ini dengan rasanya yang sangat pahit dan tidak enak jika belum terbiasa memakannya, di balik rasanya yang pahit itu ternyata banyak sekali manfaatnya, seperti untuk mengencangkan payudara dengan daun pare, selain itu daun pare ini berguna untuk menghilangkan bekas luka bakar pada kulit, dengan cara sediakan beberapa helai daun pare yang masih segar, cuci hingga bersih. tumbuk halus lalu siram dengan air hangat sedikit. Kemudian tambahkan  tepung beras secukupnya dan aduk rata. Lalu oleskan ramuan tersebut pada semua bagian bekas luka bakarnya diamkan sampai kering dan cuci dengan bersih.

  • Teh Hijau

daun teh hijau kandungan antioksidannya sangat tinggi di banding vitamin E nama antioksidan dari daun teh adalah Epigallocatechin Gallate dan mampu mengurangi aktivitas hormon yang mengakibatkan timbulnya jerawat, memperlambat terjadinya peradangan terhadap kulit dan terkontrolnya produksi minyak di wajah, selain itu dapat mengurangi bintik-bintik hitam seperti bekas jerawat. Dan sudah banyak yang menggunakan toner alami dari daun teh hijau ini dengan cara sebagai berikut
Sediakan handuk kecil, dan seduh daun teh hijau masukan handuk tersebut kedalam larutan teh hijau, kemudian usapkan ke seluruh anggota badan terutama pada bagian yang banyak bintik-bintik hitamnya.

  • Mentimun

Cucumis sativus atau mentimun ini mengandung potasium,vitamin C,sangat baik sekali untuk menangkal radikal bebas, dan juga kandungan air pada mentimun cukup besar. para ahli di dunia telah menemukan kandungan silika, kandungan silika pada mentimun ini sangat berguna untuk mempercepat produksi kolagen dan dapat terhindar dari cepat timbulnya keriput pada kulit.  Sehingga mentimun ini banyak di gunakan oleh para ahli pengobatan herbal untuk kecantikan dan kesehatan kulit seperti halnya mengencangkan kulit wajah dan mengobati jerawat sampai untuk menghilangkan bintik-bintik hitam atau bekas luka bakar pun menggunakan buah mentimun ini. Berikut cara menghilangkan bintik-bintik hitam atau bekas luka bakar pada kulit sediakan beberapa mentimun segar, cuci mentimun dengan bersih,potong kecil-kecil mentimun yang sudah di bersihkan tadi  lalu haluskan dengan alat penghancur seperti blender sampai halus. Kemudian maskerkan ke wajah sepanjang malam di anjurkan lakukan seminggu 4 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Mungkin cukup sekian ulasan saya tentang bagaimana kcara mengobati lua bakar dan bekas luka ataujerawat dengan bahan-bahan alami, semoga tips di atas dari saya bisa membantu teman-temanku sekalian.. jangan lupa baca juga tentang cara menghilangkan komedo membandel di wajah

Related Posts