Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

shares |

  • Sirsak

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Sirsak, nangka walana kalo orang sundan menyebutnya, (Annona muricata L.) ialah tumbuhan yang sangat berguna dan berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan karibia. Di berbagai daerah Indonesia dikenal dengan berbagai nama yang berbeda, seperti nangka landa, nangka buris dan banyak lagi, dan sirsak ini di ambil dari bahasa belanda yaitu zuurzak yang artinya kantung asam, pada abad ke 19 buah ini di bawa ke nusantara oleh pemerintahan hindi belanda, dan meskipun sirsak ini bukan dari eropa, tanaman ini dapat tumbuh di sembarang tempat, tetapi lebih baik di daerah yang airnya banyak.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Daun sirsak ternyata sangat banyak sekali manfaatnya untuk bahan pengobatan tradisional atau herbal, dan juga dapat menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya yang sangat banyak ternyata tidak lepas dari kandungannya seperti acetogenins, annocatalin, annohexocin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, annonacin, linoleic acid, annocatacin, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat berbagai penyakit atau juga bisa meningkatkan kekebalan pada tubuh. Sumber Wikipedia
Dan berikut akan saya coba jelaskan manfaat daripada daun sirsak ini untuk kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak Untuk kesehatan


  • Menyembuhkan Asam Urat

Asam urat di kenal sebagai penyakit orang tua karena kebanyakan asam urat ini sering di alami sama pria atau wanita sudah lanjut usia. Tetapi  juga tidak mungkin tidak, untuk para pria atau wanita muda juga bisa terkena penyakit asam urat ini. Maka dari itu untuk mengobati atau mencegahnya manfaatkanlah daun sirsak ini, berikut caranya, sedikan beberapa daun sirsak yang baru di petik dari tangkainya, cuci bersih terlebih dahulu dan jemur beberapa jam, setelah itu rebus daun sirsak dengan satu gelas air bersih, tunggu sampai matang/mendidih kemudian tiriskan dan minum sampai habis, di anjurkan untuk hasil yang memuaskan minum 1-2 gelas dalam sehari.

  • Mengatasi Diabetes 

Rebusan dari daun sirsak ini selain dapat menyembuhkan penyakit asam urat ternyata secara tidak langsung dapat menyembuhkan diabetes juga, karena dengan meminum ramuan dari daun sirsak ini bisa menetlalisir kadar gula darah tinggi pada tubuh.

  • Mengobati Kanker

kandungan daun sirsak ini sering di gunakan untuk kemotrapi bagi orang yang mengidap penyakit kanker, karena Daun sirsak memiliki kekuatan 100 kali lipat untuk melawan kanker dan dapat membunuh sel-sel yang tumbuhnya tidak normal dan menjaga sel yang tumbuh normal di dalam tubuh. Caranya sebagai berikut, sediakan kira-kira 12 lembar daun sirsak yang sudah menua, rebus dengan 3 gelas air bersih tunggu beberpa saat sampai medidih dan menyisakan satu gelas, air rebusn tersebut, diamkan beberapa saat setelah hangat minum sampai habis, di anjurkan minum setiap hari dua gelas dalam sehari.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Selai itu ramuan daun sirsak ini dapat menurunkan darah tinggi karena tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan yang sangat berbahaya di karnakan dapat mengundang penyakit lain yang mungkin lebih berbahaya, salah satunya ialah stroke, penyakit stroke ini di karnakan dari tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. Maka dari itu sering lah mengecek darah anda dan minum rebusan daun sirsak minimal satu gelas dalam sehari.

  • Obat Asma dan Sesak Napas

Daun sirsak juga dapat menyembuhkan penyakit asma atau sesak napas dengan cara, cari daun sirsak yang sudah di jadikan sarang semut, kira-kira10 lembar, cuci bersih lalu remas remas dan ambil air perasannya dan minum sampai habis, di anjurkan minum setiap hari satu gelas sampai penyakit asma atau sesak napas anda sembuh.

  • Mengobati Bisul

Sediakan daun sirsak kira 12 lembar, cuci terlebih dahulu dan tumbuk sampai halus kemudian kompreskan pada bisul kaki atau tangan yang ada bisulnya, biarakan sampai kering, setelah kering ganti lagi dengan yang baru, di anjurkan lakukan terus sampai bisul anda sembuh.

  • Obat Batuk Ringan

Untuk obat batuk ringan dengan daun sirsak anda cukup sediakan 10 lembar daun sirsak yang masih muda atau pucuknya, cuci sampai bersih lalu peras sambil di remas-remas dan ambil air remasannya lalu minum sampai habis, di anjurkan minum setiap pagi pas waktu bangun tidur dalam keadaan perut kosong/belum makan apa-apa.

  • Mengobati Sakit Pinggang

Untuk mengobati sakit pinggang dengan Daun sirsak ini. Caranya adalah anda cukup menyediakan 25 Lembar daun sirsak untuk membuat ramuannya, rebus daun sirsak tersebut dengan 4 gelas air bersih tunggu sampai air rebusan menjadi satu gelas dan minum setiap hari ½ gelas, sampai sakit pinggang anda sembuh.

  • Mengobati Eksim dan Rematik

Bagi anda yang mempunyai penyakit eksim atau rematik, anda biasa memanfaatkan khasiat dari daun sirsak untuk mengobatinya, caranya sebagai berikut, haluskan beberapa helai daun sirsah kemudian kompreskan padan kaki dan tangan yang sakit, lakukan secara berkala sampai sakit eksim dan rematik anda sembuh.

  • Sebagai Obat Wasir

Biasanya orang Penderita penyakit wasir sangat amat di jaga makanannya seperti jangan memakan yang asam-asam dan pedas-pedas, apabila penderita melanggar atau memakan makanan yang pedas dan asam maka penyakit itu akan kembali menyerangnya, jika anda boasn menjaga makanan tersebut apalagi makanan tersebut makanan paforit anda. Maka dari itu cepat sembuhkan dan hilangkan penyakit wasir anda dengan meminum ramuan dari daun sirsak ini, caranya pembuatannya sebagai berikut. Rebuslah kira-kira 12 lembar daun sirsak dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu sampai air rebusan menyisakan 1 gelas. lalu minum sampai habis air rebusan tersebut. Di anjurkan untuk hasil yang maksimal minum setiap hari satu gelas.

  • Menghilangkan Kutu Rambut

Rebus daun sirsak secukupnya kira-kira 25 helai daun, rebus daun sirsak tersebut dengan air bersih sebanyak 10 centong selama 15 menit atau sampai mendidih, kemudian capurkan dengan air dingin dan keramaskan air tersebut sebelum mandi, di anjurkan lakukan setiap mau mandi minimal 2 kali dalam sehari sampai kutu dan telurnya menghilang di rambut anda.


Itulah beberapa manfaat dan Khasiat dari daun sirsak untuk kesehatan, semoga ulasan saya di atas bisa bermanfaat bagi kita semuanya dan jangan lupa baca juga caramengobati ginjal dengan daun sukun.

Related Posts