Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

shares |


  • Manfaat Buah Alpukat


Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan - Siapa sih yang belum pernah memakan jus alpukat, Buah alpukan sangat terkenal dengan pohonnya karena pohonnya banyak sekali ulatnya, dan juga buah alpukat paling sering dan paling nikmat di makan jika alpukat di bikin  jus dan es buah. Buah alpukat ini mempunyai nama ilmiah dan nama lokal seperti  avokat, plokat dalam bahasa Jawa, dalam bahasa sunda sering di sebut jambu wolanda apuket, alpuket, dan dalam bahasa sumatra sering di sebut sebagai advokat,  alpokat, Apokat, avokat.

Manfaat Buah Alpukat

Tanaman ini berasal dari Amerika tengah yang tumbuhnya di hutan – hutan liar, akan tetapi setelah tahu bahwa alpukat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan akhirnya banyak juga yang menanamnya di kebun atau di pekarangan rumah yang lapisan tanahnya subur serta tidak terendam air. Buah ini bisa juga berbuah di dataran yang rendah, namun lebih baik untuk mendapatkan buah yang baik dan lebat sebaiknya tanaman ini di tanam pada ketinggian 200 – 1000 m di atas permukaan laut, ini di anjurkan pada daerah yang sering turun hujan salah satunya yang sering mengalami musim hujan di indonesia, dan juga alpukat ini mempunyai pohon yang tinggi sampai 3 – 20 m, ukuran besarnya tanggung, batang kayu, berbentuk bulat, mempunyai warna coklat seperti yang kotor, banyak bercabang, rantingnya berambut yang halus, daunnya berwarna aga kemerahan serta berambut rapat jika danunya masih muda. dan daun yang sudah tua mempunnyai warna hijau serta tidak berambut/gundul. Pohon alpukat ini mempunyai bunga majemuk atau berkelamin dua yang artinya dalam satu pohon itu terdapat jenis kelamin jantan dan betina. Buahnya buah buni, bentuknya seperti bulat seperti bola atau berbentuk oval bulatnya seperti telur. Warna buah alpukat ini hijau dan ada bintik-bintik coklat, alpukat mempunyai daging yang sangat lembut jika sudah masak, warnanya hijau kekuning kuningan, biasnya paling enank di makan sebagai es campur atau di buat juice.

Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat

Coba yang mana jus alpukat dari 3 jus di atas? eummm segerrr! Buah alpukat sangat enak dan segar di makan tapi setelah alpukat di bikin es buah atau juice, selain itu buah alpukat,daun dan bijinya ternyata Banyak sekali Khasiatnya dan manfaatnya untuk kesehatan dan mengobati penyakit dalam dan luar seperti dapat mengobati penyakit sariawan, melembabkan kulit yang kering, kencing batu, sakit kepala, darah tinggi (Hipertensi), nyeri saraf (Neuralgia), nyeri lambung, saluran nafas membengkak (bronchial swellings), sakit gigi, kencing manis (diabetes melitus), menstruasi tidak teratur.

Bagaimana cara memanfaatkan buah alpukat ini di jadikan sebagai obat tradisional?

Pemakaian buah alpukan bisa di gunakan untuk obat pada penyakit dalam dan luar. Untuk obat penyakit dalam dengan cara meminum 3 – 6 lembar daun alpukat. Sedangkan untuk pengobatan penyakit luar dengan menggunakan daging buah secukupnya kemudian di haluskan dan di pakai untuk masker adapun bijinya dapat di giling halus menjadi serbuk untuk menghilangkan sakit.

Contoh penggunaan buah alpukat sebagai obat tradisional di masyarakat indonesia

  • Mengobati sariawan

Sediakan 1 buah alpukan yang sudah matang lalu kupas dan ambil Dagingnya di tambah 2 sendok makan madu asli, di aduk rata lalu sampai halus dan makan, di anjurkan lakukan setiap hari sampai sembuh.

  • Mengobati kencing batu

Sediakan 4 lembar daun alpokat, tiga buah rimpang teki, 5 tangkai daun rendu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau di cuci sampai bersih lalu di rebus dengan tiga gelas air, diamkan hingga tersisa 2 ¼ gelas dan tiriskan kemudian saring terlebih dahulu setelah dingin lalu minum setiap hari 3 kali ¼ gelas.

  • Mengobati darah tinggi

Sediakan 3 lembar daun alpokat di cuci hingga bersih kemudian seduh dengan 1 gelas air panas, setelah dingin minum sampai habis. Di anjurkan minum 2-3 kali dalam sehari

  • Mengobati kulit muka kering

Sediakan 1 buah alpokat ambil isinya dan lumatkan dengan sendok atau blender sampai halus, kemudian maskerkan pada wajah secara merata. diamkan beberapa menit kira-kira 30 menitan tunggu sampai mengering setelah masker kering basuh muka sampai bersih. Di anjurkan untuk hasil yang maksimal gunakan setiap hari sebelum mau tidur.

  • Mengobati sakit gigi berlubang

Ambil 1 biji alpukan dan tumbuk hingga halus sampai menjadi serbuk kemudian masukan bubuk biji alpukat tersebut pada gigi yang sakit. Lakukan setiap gigi mulai meras sakit pada gigi berlubang tersebut karena serbuk biji alpukan ini sangat manjur untuk mengobati nyeri.

  • Mengobati sakit bengkak akibat peradangan

Sediakan bubuk biji alpokat secukupnya dan tambahkan air aduk sehingga menjadi seperti bubur kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Mengobati kencing manis

Sediakan beberapa biji alpukat potong terlebih dahulu menggunakan golok atau pisau yang tajam menjadi empat bagian lalu panggang di atas api, kemudian rebus sampai airnya berubah warna menjadi kecoklatan, lalu saring dan tiriskan, setelah dingin minum sampai habis, teh dari biji alpukat ini sangat baik sekali untuk menghilangkan rasa sakit kepala, bengkak pada saluran nafas, nyeri lambung, rasa nyeri saraf dan menstruasi yang tidak teratur.

Kenapa daun dan buah alpukat ini sering di gunakan sebagai obat tradisional?
Di balik manfaat buah alpukat di karenakan buah dan daun alpokat serta bijinya ini mengandung saponin, alkaloida dan flavonoida, dan juga buahnya mengandung tenin serta daunnya mengandung polifenol, gula alkohol persiit, quersetin. baca juga Manfaat daun Sirsak Untuk Kesehatan

Related Posts