Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Ibu Hamil

shares |

Manfaat Daun Singkong 

Manfaat Daun Singkong - Tanaman Singkong dikenal juga dengan nama ketela, ubi kayu dan telo. Umbi Tanaman singkong ini di sunda di kenal atau sering di sebut sampeu dan juga sudah di konsumsi sejak lama sebagai makanan dengan di olah terlebih dahulu seperti di rebus, di bakar, di bikin keripik dan banyak lagi.

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Selain itu umbi dari tanaman singkong ini enak sekali di konsumsi setelah di olah ternyata daun serta batangya sangat banyak sekali manfaat dan kasiatnya untuk kesehatan. Para ahli pengobatan herbal atau tradisional di indonesia sudah banyak menggunakan tanaman singkong ini untuk mengobati para pasiennya. Salah seorang pakar obat tanaman yang bernama Prof Hembing wijayakusumah sudah melakukan riset pada tanaman singkong dan hasilnya bahwa efek farmakologis dari singkong ialah sebagai penambah napsu makan, antioksidan, antikanker dan antitumor.

Manfaat Daun Singkong untuk ibu hamil

Dan berikut ini akan saya coba untuk menjelaskan satu persatu manfaat daun singkong ini lengkap dengan cara penggunaanya :

  • Daun Singkong Baik untuk Ibu Hamil

Karena kandungan zat besi yang terdapat daun singkong sangat tinggi yang berkhasiat untuk terhindar dari penyakit anemia buat ibu hamil, jadi ketika hamil sering2lah memakan daun singkon dengan di bikin lalapan, sayur dan banyak lagi.

  • Mengobati Demam dan Sakit Kepala dengan daun singkong

Daun singkong dapat mengobati sakit kepala dan demam tinggi dengan cara Sediakan 5 lembar daun singkong, remas-remas atau di tumbuk sampai halus. Kemudian gunakan sebagai kompres pada kepala dan biarkan samapai kering, setelah kering ganti lagi kompresan dengan yang baru/yang masih basah, lakukan berulang sampai demam dan sakit kepalanya reda.

  • Mengobati Diare dengan daun singkong

Untuk mengobati diare dengan daun singkong anda cukup petik 10 helai daun singkong dari tangkainya,rebus dengan 4 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 2 gelas. lalu Saring dan ambil airnya. Kemudian minum sampai habis. Di anjurkan minum 2 gelas dalam sehari di waktu pagi dan malam. Satu lagi jika anak anda yang masih menyusui terkena diare dengan air daun singkong ini sangat ampuh dengan cara ibunya meminum air daun singkong ini secara rutin.

  • Pandangan Mata Kabur

Jika Anda mempunyai masalah pada penglihatan, misalnya ketika anda memandang benda kelihatan tidak jelas/buyar. Periksa sesegera mungkin ke dokter mata, setelah anda tahu bahwa penyakit mata anda ringan anda harus coba mengobatinya dengan daun singkong. Dengan caranya mengonsumsi daun singkong setiap hari dengan di jadikan lalapan ketika makan nasi. Dan ketika anda merebus daun singkongnya tambahkan sedikit bawang putih dan garam. Selai itu lalapan daun singkong ini berkhasiat untuk nafsu makan.

  • Manfaat Daun Singkong Untuk Mencerdaskan otak.

Sudah pada tahu belum jika kita mengkonsumsi daun singkong secara rutin dapat mengakibatkan otak kita menjadi cerdas dan ecer?,, karena daun singkong terkandung asam amino, asam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan pada otak kita. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di olah terlebih dahulu supaya enak dan nikmat seperti di bikin lalapan cukup dengan merebusnya atau di bikin sayur dan banyak lagi.

  • Mengobati Rematik

Tanaman singkong ini dapat mengobati rematik karena batang singkong mengandung asam amino yang berkhasiat untuk kesehatan tulang, berikut cara penggunaanya. Siapkan 1100g batang singkong, satu batang sereh dan 17g jahe, kemudian rebus dengan air sebanyak 1100 cc air, sampai mendidih dan air rebusanya tersisa sampai 500 cc saja. Kemudian saring lalu ambil airnya dan tiriskan, ramuan tersebut bagi dua gelas masing2 250cc, minum setiap pagi dan malam hari ketika mau tidur.

  • Mengobati Cacingan

Sediakan beberapa batang singkong kemudian ambil kulitnya saja dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas tunggu sampai mendidih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas, kemudian saring dan ambil airnya, lalu minum sampai habis. Di anjurkan minum setiap hari 1 gelas ketika anda mau tidur.

  • Mengobati Luka bakara

Umbi singkong ini sangat ampuh untuk mengobati luka bakar pada kulit, seperti kena percikan api, knalpot motor dan sebagainya, caranya ambil satu umbi singkong kupas terlebih dahulu, cuci bersih dan parut, kemudian peras dengan menggunakan kain tipis untuk di ambil airnya. Dan biarkan beberapa menit, kiara-kira 30 menitan samapai terlihat ada endapan putih seperti tepung. Setelah itu buang airnya dan ambil tepungya, lalau oleskan pada kaki atau tangan yang terkena luka panas tersebut. Di anjurkan ganti setelah olesanya kering dengan olesan yang baru.

Kenapa tanaman singkong ini banyak sekali manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan?
Karena kandungan dari daun dan tanaman singkong ini terdapat kandungan gizi yang begitu lengkap dan berikut kandungan gizi dari 100g daun singkong

- Kalori 37 dari Lemak 1.80
- Total Lemak 0.20g
- Lemak Jenuh 0.00 g
- Kolesterol 0 mg
- Sodium 11 mg
- Total Karbohidrat 7.30 g
- Diet Serat 0.6 g
- Protein 3.70 g
- Vitamin C
- Vitamin B1 (Thiamin)
- Vitamin B2 (Riboflavin)
- Vitamin B3 (Niasin)
- Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
- Vitamin B6
- Kalsium
- Zat Besi
- Kalium
- Fosfor
- Magnesium
- Seng
- Tembaga
- Mangan

Mungkin di cukupkan sekian ulasan dari saya tentang manfaan dan khasiat daun singkong serta batang dan umbinya, semoga ulasan daun singkong ini dapat membatu untuk anda dan bermanfaat untuk banyak orang. Jangan lupa baca juga cara mengencangkan payudara dengan daun pare.

Related Posts